RABU, 06 OKTOBER 2010 | 19:08 WITA | 30550 Hits
Share |

Entertainment Center, Hotel, dan Office Park
Pusat Bisnis dan Perkantoran Baru

WAJAH Makassar berubah dalam beberapa tahun ke depan. Itu setelah munculnya investor yang siap menggelontorkan dana dalam jumlah besar untuk investasi mereka.

Yang terbaru adalah rencana PT Bintang Indoland Indonesia. Perusahaan ini siap menginvestasikan dananya Rp 150 miliar untuk membangun sebuah kawasan atau pusat bisnis di Jalan Metro Tanjung Bunga. Tepatnya, di depan Celebes Convention Centre (CCC), Kelurahan Panambungan, Kecamatan Mariso.

Investasi tersebut berupa pembangunan hotel bintang empat, entertainment center, serta pusat perkantoran dan gedung parkir.

Kepastian investasi ini setelah Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin mengeluarkan rekomendasi untuk pembangunan tersebut. Dalam rekomendasi tertera peruntukan lahan untuk pembangunan gedung perkantoran, hotel permanen, entertainment centre, ballroom dan gedung parkir oleh PT Bintang Indoland Indonesia. Rekomendasi dikeluarkan setelah adanya permohonan Dirutnya, Jonny Aldymoto tertanggal 19 Agustus 2010.

Tak hanya rekomendasi. Jumat, 1 Oktober, pihak investor juga sudah melakukan presentasi di hadapan wali kota dan sejumlah pejabat pemkot di ruang kerja wali kota. Presentasi dihadiri Direksi PT Bintang Indoland Indonesia, Eko Henry Suhartanto dan juga Design and Enginering PT Bintang Indoland Indonesia, Hendrik Gozal.

"Saya ingin memajukan tanah kelahiran saya. Mudah-mudahan kehadiran kami di sana bisa menciptakan lapangan kerja," kata Eko, pengusaha asal Jabar yang lahir di Makassar.
Eko mengatakan, ketertarikan mereka menanamkan investasi karena melihat Makassar sebagai pintu gerbang kawasan timur Indonesia berpotensi dikembangkan lebih jauh.

Hanya saja, sejauh ini, belum ada nama yang diputuskan untuk hotel, pusat perkantoran dan entertainment center ini. "Ada beberapa nama yang sudah dimunculkan untuk semuanya, namun kami belum memutuskan mana yang akan digunakan," ujar Eko.

Hendrik menambahkan, untuk hotel mereka kini sedang melakukan survei. Termasuk untuk menentukan berapa jumlah kamarnya kelak.
"Kebutuhan kamar berapa dan jenis karpetnya masih dihitung. Tapi yang pasti hotel di sana bintang empat," kata Hendrik.

Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin menyambut positif rencana ini. Menurut dia, dirinya memang selama ini gencar mencari investor. Sebab katanya, untuk menuju Kota Dunia, Makassar tidak bisa mengandalkan APBD. Butuh pelibatan swasta.

"Saya bertemu Pak Eko dan saya katakan, kenapa tidak bangun daerah sendiri. Makassar kan sekarang sudah berkembang. Dia hanya berharap kita sebagai fasilitator memberi kemudahan dan kami sudah mengeluarkan izin prinsip. Mudah-mudahan ini memberi kontribusi positif bagi kemajuan Makassar," kata Ilham. (*)

KOMENTAR BERITA "Entertainment Center, Hotel, dan Office Park "


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).