RABU, 10 NOVEMBER 2010 | 13:44 WITA | 94224 Hits
Share |

Hari Ini Gunung Merapi Tidak Erupsi

YOGYAKARTA -- Gunung Merapi Yogyakarta terus menunjukkan tren penurunan aktivitas. Hingga Rabu 10 November siang, tidak terjadi erupsi pada gunung teraktif di dunia ini.

Staf Seksi Gunung Merapi Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, Rinekso mengatakan, hari ini gunung Merapi hanya menyemburkan awan panas dan debu vulkanik. Ketinggian semburan awan panas adalah 800 meter dan mengarah ke barat daya Gunung Merapi.

"Ini terus terjadi sejak pukul 00.00 WIB dan sampai siang ini juga masih terjadi. Asap mengandung sulfa dan kuarsa yang berbahaya bagi bagi mahluk hidup," katanya.

Pantauan seismik juga menunjukkan gempa hanya terjadi dua kali sejak pukul 00.00 WIB. Sedangkan gempa tremor terus menerus terjadi. Jumlah guguran material dari puncak kawah hingga siang ini terpantau terjadi lima kali.

Intensitas aktivitas Merapi juga ditunjukkan dengan tidak terdengarnya gemuruh yang biasa terus menerus terdengar pada masa puncak aktivitas yang terjadi hingga 13 hari. Kendati demikian, zona bahaya 20 kilometer masih diberlakukan. Pasalnya, bahaya lava pijar dan awan panas masih mengancam. (zul/rmol)

KOMENTAR BERITA "Hari Ini Gunung Merapi Tidak Erupsi"


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).