MINGGU, 14 NOVEMBER 2010 | 22:23 WITA | 134381 Hits
Share |

Wajib Alumni PT Terakreditasi
Syarat Pendaftar CPNS 2010
MAKASSAR -- Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2010 serentak dibuka Senin, 15 November, besok. Sejumlah persyaratan telah ditetapkan sebagai seleksi tahap awal bagi calon pegawai pendaftar.

Pemprov Sulsel maupun pemerintah kabupaten membatasi calon peserta seleksi CPNS dari perguruan tinggi swasta hanya yang telah terakreditasi. Pendaftar menyertakan bukti akreditasi dalam surat permohonan lamarannya.

Usia pelamar CPNS maksimal hanya 35 tahun pada 1 Januari 2011. Pemerintah juga mengakomodasi pegawai yang bekerja di instansi atau lembaga swasta yang menunjang kepentingan nasional minimal lima tahun, usianya dapat mencapai 40 tahun.

Pelamar CPNS Pemprov Sulsel menyertakan berkas berisi surat lamaran kepada Gubernur Sulsel, pas foto ukuran 3x4 dua lembar dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi. Khusus pelamar formasi jabatan Penata Laporan Keuangan melampirkan foto kopi sertifikat profesi akuntansi yang disahkan pihak perguruan tinggi.

Persyaratan untuk pendaftar CPNS Pemkot Makassar juga tidak jauh berbeda. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Makassar, Sittiara mengatakan, foto kopi Ijazah harus dilegalisasi dengan tanda tangan dan stempel basah.

Transkrip nilai yang dilegalisasi juga dengan stempel dan tanda tangan basah. Pelamar harus menyertakan foto ukuran 4x6 berlatar belakang merah dua lembar. Surat lamaran juga ditujukan langsung ke wali kota Makassar.

Sittiara menjelaskan, surat lamaran harus ditulis tangan menggunakan huruf balok, tidak boleh menggunakan komputer atau mesin ketik. Contoh surat lamaran bisa dilihat di kantor pos.

"Informasi selengkapnya termasuk formasi yang diterima bisa dilihat di harian FAJAR edisi Senin. Pendaftaran terbuka mulai 15 November sampai 19 November," katanya.

Pemkot Makassar juga mengakomodasi pendaftar dari luar Kota Makassar. Pelamar CPNS cukup mengirim berkas lamarannya melalui PO BOX 3003. Sittiara menegaskan, pendaftaran CPNS seluruhnya melalui PT Pos Indonesia. Baik di seluruh kantor pos di Makassar ataupun di luar Makassar.

Dari Bantaeng dilaporkan, Pemkab Bantaeng memperoleh jatah CPNS formasi umum sebanyak 243 orang. Formasi guru mendominasi kuota disusul tenaga formasi kesehatan dan teknis.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bantaeng, Muchtar Massoalle mengungkapkan, jumlah guru yang akan diterima sebanyak 90 orang, tenaga medis 77 orang, dan tenaga teknis 76 orang. Muchtar juga berjanji, kasus kecurangan yang terjadi tahun lalu tidak akan terjadi lagi tahun ini. "Penerimaan CPNS akan lebih selektif dibandingkan tahun lalu," janji Muchtar.

Dia mengaku belum menentukan perguruan tinggi negeri yang menjadi mitra pemkab dalam pembuatan naskah soal ujian seleksi CPNS. Panitia masih menunggu petunjuk Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah, yang masih mengikuti pendidikan di Lemhanas.

Forum Lembaga Pemerhati Masyarakat Butta Toa, Bantaeng Abdullah menyatakan, kecurangan terjadi akibat ulah segelintir oknum staf yang sering mengubah nama CPNS yang dinyatakan lulus dalam penerimaan. Dia meminta bupati memindahkan semua pegawai yang terbukti melakukan kecurangan pada penerimaan CPNS. (rif-amr-lom)


KOMENTAR BERITA "Wajib Alumni PT Terakreditasi"


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).