RABU, 12 JANUARI 2011 | 17:13 WITA | 24570 Hits
Share |

442 Gambar Benteng Dipamer di Rotterdam

MAKASSAR -- Sebanyak 442 buah gambar foto benteng di Indonesia, dipajang pada even pameran benteng di benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam), Rabu 12 Januari.

Pameran bertajuk "Benteng dulu, kini dan esok" itu digelar hingga 17 Januari mendatang di aula Benteng Ujung Pandang. Pameran ini, dikatakan Direktur Peninggalan Purbakala Kementerian
Kebudayaan dan Pariwisata RI, Junus Satrio Atmodjo pagi tadi, digelar dalam rangka pelestarian benda cagar budaya yang banyak tersebar di Indonesia.

Kondisi benteng-benteng di tanah air saat ini, lanjut dia, banyak yang mengalami kerusakan akibat tak terpelihara. Selain itu, ada juga benteng yang beralih fungsi dijadikan sebagai kantor atau pangkalan militer.

"Untuk itu, pelestarian benteng dibutuhkan peran serta masyarakat dengan menumbuhkan apresiasi kepedulian terhadap benda cagar budaya itu sendiri," kata Junus.

Bangunan pertahanan perang tempo dulu itu terdiri banyak bentuk, diantaranya bentuk benteng, pilbox, bunker dan lainnya dengan keunikan, bentuk arsitektur serta fungsinya.

"Berdasarkan hasil inventarisasi, setidaknya tercacat 442 benteng di Indonesia yang masih bisa dijumpai," tandas Junus. (sms)





KOMENTAR BERITA "442 Gambar Benteng Dipamer di Rotterdam"


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).