SABTU, 10 APRIL 2010 | 19:34 WITA | 19862 Hits
Share |

Dugaan Kredit Fiktif di Bank BRI

MAKASSAR -- Pimpinan Cabang (Pimcab) BRI Somba Opu berinisial KC diperiksa sebagai saksi pada kasus dugaan kredit fiktif kendaraan bermotor 2005-2008 oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel, Kamis, 8 April. Proses pemeriksaan terhadap KC berlangsung dua jam lebih di ruang penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sulsel.

Saat menjalani pemeriksaan, KC didampingi salah seorang pegawai BRI Kanwil Makassar. Bocoran yang diperoleh, KC dicecar sepuluh pertanyaan selama dua jam lebih pemeriksaan. Penyelidikan terhadap dugaan kredit fiktif BRI Cabang Somba Opu ini dilakukan kejati atas laporan dari masyarakat.

"Sifatnya baru memintai keterangan. Kasus ini diduga terjadi kredit fiktif," ujar Asisten Pidana Khusus Kejati Sulsel, Amirullah.

Dalam kasus dugaan kredit fiktif Bank BRI Somba Opu ini, jumlah kendaraan bermotor yang diambilkan kredit mencapai 500 unit. 300 unit kendaraan roda empat, serta 200 unit berupa sepeda kotor. Proses kredit kendaraan bermotor ini melibatkan salah satu perusahaan dari pihak ketiga.

Penyelidikan kasus dugaan kredit fiktif kendaraan bermotor ini dipimpin jaksa Aharuddin Karim. Tim ini terdiri dari enam penyidik di kejati. Untuk melakukan penyelidikan terhadap kredit bermotor di Bank BRI Somba Opu yang diduga fiktif itu, penyidik mengantongi surat perintah Nomor Print-173/R.4./FD.1/04/2010.

Kredit fiktif yang diduga terjadi penyelewengan ini, modusnya hampir sama dengan kasus kredit fiktif di BTN Syariah Mandiri Makassar yang merugikan negara Rp 44 miliar. Hanya, dalam kasus kredit Bank BRI Somba Opu ini, kejati belum memastikan berapa besar nilai kredit terhadap 500 unit kendaraan bermotor ini.

Yang pasti, Kejati Sulsel saat ini sedang mengumbulkan dokumen, serta bahan keterangan dari pihak terkait penyaluran kredit kendaraan bermotor ini. Kredit yang disalurkan Bank BRI Somba Opu ini atas jaminan buku pemilik kendaraan bermotor. (sah)

KOMENTAR BERITA "Dugaan Kredit Fiktif di Bank BRI"


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).